2 years ago, Posted by: tudios

Menemukan Pembedaan antara Jurnal, Prosiding dan Paper

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa dalam sebuah iklim ilmiah, seseorang tak hanya cukup dia membuat karya, namun ia juga harus membuat publikasi atas karyanya tersebut. Dan sebagaimana iklim ilmiah selama ini, maka si peneliti harus mempublikasikannya dalam bentuk tulisan. Dalam melakukan hal itu, Jurnal, Prosiding dan Paper menjadi beberapa pilihan dari banyak pilihan yang tersedia yang dapat dilakukan oleh seseorang akademik.

Jurnal ilmiah adalah sebuah kumpulan dari jurnal hasil penelitian. Bentuknya biasanya kurang lebih mirip majalah, namun dengan format berisi kumpulan rangkuman karya ilmiah yang dibuat masing-masing peneliti. Ia terbit dala.m setiap jangka waktu tertentu (bisa bulanan, bisa dwi bulanan, atau bahkan tahunan). Diterbitkan oleh lembaga publikasi ilmiah, baik berupa kampus, perusahaan, ataupun media lainnya

Salah satu ciri utama dari Jurnal Ilmiah adalah adanya peer review dari seseorang atau sekelompok orang ahli. Peer review itu adalah hasil karya kita akan di review, untuk menilai seberapa valid dan layak karya tulisan terbit di jurnal tersebut. Diterima / ditolak, dlsb. Proses peer review kurang lebih akan seperti proses bimbingan skripsi / thesis dimana kita diminta untuk melakukan perbaikan ini dan itu.

Prosiding mirip sekali dengan jurnal ilmiah, dari segi bentuk, kekhusususan topik, ataupun hal-hal sejenis. Bahkan pada dasarnya proseeding adalah jurnal ilmiah, dengan satu perbedaan utama (Dan mendasar). Satu hal utama yang membedakan ialah biasanya  prosiding adalah hasil dari konferensi ilmiah.  Tidak seperti jurnal yang merupakan khusus untuk publikasi ilmiah.

Sedangkan Paper pada dasarnya mirip dengan jurnal ilmiah, namun biasanya lebih ringkas (jumlah halaman lebih sedikit). Hal ini menjadi pembeda utama dengan jurnal ilmiah yang bisa sangat panjang (rata-rata jurnal minimal 6 halaman, sedangkan paper conference 2-5 halaman).

Nah, ciri utama dengan Jurnal Ilmiah adalah selain dipublikasikan dalam bentuk jurnal, Paper Conference juga diseminarkan dalam sebuah forum conference ilmiah. Ada sebuah event dimana para peneliti yang akan mempresentasikan hasil karya ilmiahnya dalam forum tersebut.

 

Sumber gambar:

http://journal.unair.ac.id/images/open-journal.gif

 


Post Views: 6951

Leave a comment

Comments

atma

Salah satu kunci keberhasilan menulis artikel ilmiah populer yaitu bagus untuk dibaca masyarakat umum. Namun dalam praktiknya, penulis terkadang masih menemukan kesulitan merangkai kata-kata yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Untuk itu, Universitas Airlangga mengadakan pelatihan penulisan artikel ilmiah populer pada Selasa (14/09/2021). Baca selengkapnya di sini: https://www.unair.ac.id/site/article/read/4425/simak-tips-menulis-artikel-ilmiah-populer-dari-para-ahli.html

1 month ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved