2 years ago, Posted by: tudios

Perbedaan gelar Philosophy Doctor (Ph.D) dan Doktor (Dr.)

Jenjang pendidikan memang memiliki 'satuan ukuran' gelar sendiri-sendiri. Sebut saja gelar sarjana untuk yang berhasil menamatkan pendidikan strata 1 (S1), gelar master untuk yang berhasil menamatkan pendidikan strata 2 (S2), dan gelar doktor untuk yang berhasil menamatkan pendidikan strata 3 (S3).

PhD atau kepanjangan dari Doctor of Philosophy merupakan gelar akademik tertinggi pada banyak bidang keilmuan. Istilah philosophy pada gelar akademik ini tidak bermakna doktor di bidang keilmuan filsafat, melainkan sebagai gelar penghormatan dalam tingkat kebijaksanaan (dari kata philosophia yang artinya love of wisdom) pada suatu bidang keilmuan selain bidang teologi, hukum dan medis. Gelar PhD yang diterapkan di berbagai negara setara dengan gelar doktor di Indonesia.

Berdasarkan Wikipedia, UK dan US merupakan salah satu negara yang memberikan gelar Ph.D untuk lulusan S3. Lalu untuk orang yang mendapatkan gelar S3 di Indonesia, mereka mendapatkan gelar Doktor. Gelar doktor ini merupakan gelar yang setara dengan Ph.D di UK dan US karena untuk mendapatkan gelar tersebut, kita harus menyelesaikan jenjang pendidikan S3. Kalian bisa lihat di Wikipedia untuk melihat gelar S3 yang setara dengan Ph.D di setiap negara.

Ph.D itu sebutannya dari Doctor of Philosophy, yang berarti Doktor falsafah dalam bahasa Indonesia. Ini bukan berarti kita belajar ilmu falsafah tapi philosophy itu sendiri mempunyai arti yang lebih luas. Kalau dalam bahasa Yunaninya, artinya love of wisdom. Seperti yang dibilang sebelumnya, Ph.D itu sering dipakai di US. Ada beberapa negara yang gak menggunakan istilah Doctor of Philosophy tapi menggunakan istilah langsung sesuai dengan jurusannya seperti Doctor of Engineering, Doctor of Science, Doctor of Economy, dll. Penggunaan singkatan gelar S3 juga bervariasi. Ada yang ditaruh di depan, ada yang ditaruh di belakang.

Sementara itu, gelar doktor adalah gelar akademik tertinggi yang dapat diberikan kepada seseorang yang menempuh pendidikan yang diperoleh dari perguruan tinggi. Doktor merupakan jenjang pendidikan S3. Seseorang umumnya harus menempuh perkuliahan dan di akhir perkuliahan tersebut harus melakukan penelitian untuk menyusun disertasi agar mendapatkan gelar ini.

Sumber:

http://news.unair.ac.id/wp-content/uploads/2018/01/Berikan-ijasah.jpg

 


Post Views: 24312

Leave a comment

Comments

arachni_name

1

4 months ago
Reply

Copyrights © 2017 All rights reserved