3 years ago, Posted by: tudios

Studium Generale sebagai Tradisi Kampus

Di Indonesia, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Seperti yang diungkapkan Wakil Rektor Universitas Nasional bidang Hubungan Kerjasama dan Kemahasiswaan, Drs Faldy Rasyidie, dia mengungkapkan, isi dan peta jalan (road map) perguruan tinggi ke depan harus berpijak pada pokok-pokok yang telah digariskan di masa lalu dan rancangan ke depan yang terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satunya menjadikan studium generale sebagai tradisi kampus.

Dengan demikian, studium generale bukanlah kegiatan asal-asalan, melainkan ia merupakan kegiatan yang berusaha menghadirkan wacana interdisipliner sesuai dengan perkembangan zaman dengan menghadirkan seorang pakar. Pembicaranya juga bukan main-main, ia harus punya kemampuan yang mumpuni tak hanya di bidang yang digelutinya, melainkan lebih luas lagi, serta diakui oleh komunitas ilmiahnya.

Studium generale adalah tradisi khas kehidupan kampus-kampus besar di Eropa dan Amerika yang tradisi ilmiahnya sudah mapan. Di Indonesia, studium generale atau sering diterjemahkan sebagai kuliah umum, semakin penting dilaksanakan di perguruan-perguruan tinggi sebagai penambah wawasan baru yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Pada sumber lain disebutkan Stadium General merupakan suatu wadah yang mampu memberikan motivasi dan pengetahuan baru pada mahasiswa (bdk. unida). Salah satu cara memotivasi itu adalah dengan mendatangkan ahli-ahli di bidangnya masing-masing yang memiliki pengalaman yang bisa menginspirasi dan memberikan semangat pada mahasiswa baru.

Dari asal katanya (berdasarkan google translate, maka belum dipastikan 100% kebenarannya) perbedaan antara studium generale dan stadium general  adalah sebagai berikut: studium dari bahasa Jerman yang artinya penelitian atau pendidikan, sedangkan generale adalah dari bahasa Italia yang artinya umum. Di satu sisi stadium dari bahasa Inggris yang artinya stadion, atau gelanggang, atau arena sedangkan general adalah dari bahasa Inggris juga yang artinya umum.

Sumber gambar:

http://news.unair.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/RILIS-PIH-UNAIR-SCOPUS-1-741x486.jpg


Post Views: 3271

Leave a comment

Comments

Copyrights © 2017 All rights reserved