Pos Lapangan Siaga Darurat Tanah Longsor, Wonosalam, Jombang 

Berita UNAIR Pascasarjana, Sabtu 17 Juni 2023 – Potensi bencana harus diantisipasi, termasuk daerah yang terindikasi. Hal tersebut yang memanggil Badan Penanggulangan  Bencana Daerah BPBD Kabupaten Jombang mengadakan kegiatan Pos Lapangan Siaga Darurat Tanah Longsor, 14/06/2023, yang diselenggarakan di dusun Jumok, Desa Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Dokter Yohannes Ari Prayoga, yang merupakan mahasiswa S2 Manajemen Bencana https://pasca.unair.ac.id/s2-manajemen-bencana/ yang juga merupakan bagian dari Emergency Medical Team IDI Jawa Timur, turut berbagi ilmu terkait penanganan kedaruratan saat bencana tiba.

Dalam kegiatan yang dilakukan dengan kekuatan pentahelix ini disuguhkan bagaimana menciptakan alat transportasi medik dengan menggunakan kearifan lokal, seperti menggunakan sarung, papan, sebagai stabilisasi pada kasus patah tulang.

Membuat Bidai (salah satu alat p3k pada korban patah tulang/fraktur agar tidak berubah posisinya yang membuat kondisi semakin fatal) sederhana dengan memanfaatkan benda-benda yang ada disekitar dan mudah di raih seperti batang pohon, ranting dan kardus.

Kecamatan Wonosalam merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Jombang yang memiliki potensi terhadap tanah longsor sangat tinggi, sehingga pelatihan terhadap mitigasi bencana tanah longsor harus terus dilakukan, agar kemampuan baik dari unsur BPBD dan relawan juga masyarakat sekitar semakin terasah dan sigap serta tanggap saat situasi kedaruratan tiba.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform

source

Beranda UNAIR

By lanjut