Dimulai dengan terinspirasi oleh manfaat bawang putih, Prof. Dr. Ir. Annis Catur Adi, MSi, seorang dosen dan akademisi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga, melakukan penelitian tentang bawang putih tunggal yang difermentasi dan dikombinasikan dengan dark chocolate dinamakan GARCHOC.

Prof. Annis menjelaskan bahwa ide penelitian ini muncul akibat pandemi COVID-19. Beliau menyadari bahwa pandemi mendorong seseorang untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka terhadap virus, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen atau jamu.

Selain suplemen atau jamu, Prof. Annis menjelaskan bahwa meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi pangan fungsional. Pangan fungsional adalah makanan yang memiliki kandungan gizi unggul dan memberikan manfaat kesehatan. Salah satu jenis pangan fungsional yang sangat unggul adalah bawang putih segar yang difermentasi menjadi black garlic.

Penelitian ini juga merupakan kelanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat dan Program Kreativitas Mahasiswa dengan target lansia yang tinggal di Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Setelah pandemi COVID-19, lansia menjadi salah satu kelompok yang berisiko tinggi terhadap virus-virus berbahaya.

Prof. Annis menyampaikan harapannya bahwa lansia tidak hanya bisa mengonsumsi, tetapi juga dapat memproduksi sendiri black garlic atau produk olahan GARCHOC. Oleh karena itu, beliau menyelenggarakan edukasi, pelatihan, dan pendampingan kepada para lansia.

Meskipun black garlic memiliki rasa dan aroma yang berbeda dengan bawang putih segar yang khas dan tajam, sebagian masyarakat kurang menyukainya dan bahkan tidak mengonsumsi bawang putih sebagai makanan yang berkhasiat. Padahal, bawang putih mengandung senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan.

Menyadari hal ini, Prof. Annis mengombinasikan black garlic dengan dark chocolate yang lebih disukai oleh masyarakat dan memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh serta memberikan kesegaran karena mengandung theobromine bermanfaat menghilangkan bakteri yang dapat merusak gigi. Produk GARCHOC dikemas dalam bentuk setengah lingkaran kecil yang dapat dikonsumsi dengan sekali kunyah, sehingga lebih mudah dan nyaman dikonsumsi.

By lanjut