FGD PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK BERSAMA S2 MANAJEMEN BENCANA SPS UNAIR 

Berita UNAIR Pascasarjana, Minggu 16 Juli 2023 – Banjir tahunan selalu menjadi permasalahan serius yang dihadapi oleh warga Surabaya dan Gresik. Salah satu penyebab utama adalah meluapnya Kali Lamong. Ketika musim hujan tiba, debit air Kali Lamong meningkat pesat dengan cepat dan meluap ke permukiman sekitarnya. Banjir yang terjadi akibat Kali Lamong telah menyebabkan kerugian yang signifikan bagi masyarakat luas. 

Fandy Akhmad Yani, Bupati Gresik yang merupakan Mahasiswa S2 Manajemen Bencana mengatakan, hal tersebut diatas yang mendorong dirinya memilih Magister Manajemen Bencana Sekolah Pascasarjana, setelah terpilih menjadi Bupati, selain karena program studi multidisiplin yang bisa dimasuki dari beragam latar belakang keilmuan, rasa penasaran untuk menyelesaikan masalah tahunan kabupaten Gresik yang menguatkan. 

Kita harus hapus paradigma di Gresik “Kalau hujan kebanjiran kalau kemarau kekeringan!” Ungkap Bupati muda yang akrab disapa Gus Yani. Focus Group Discussion kali ini membahas secara komplit dari potensi hingga resiko bencana bersama para pakar kebencanaan Sekolah Pascasarjana UNAIR.  

Secara pribadi dirinya berterimakasih kepada SPS UNAIR karena melalui Magister Manajemen Bencana banyak ilmu dan referensi yang didapat termasuk sangat berguna dalam penanganan bencana banjir dari Kali Lamong ini. 

Tumpang tindih kewenangan menjadi faktor utama yang sempat menghambat penanggulangan bencana kali lamong di awal. Koordinasi yang aktif dan apik kepada pihak-pihak ditambah aksi yang dilakukan secara kolaboratif dari pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait mulai membuahkan hasil yang signifikan, dimana banjir yang dulu hitungan bulan, minggu kini hanya hitungan jam sudah surut. 

Solusi yang diterapkan adalah program pembersihan dan pelebaran sungai secara teratur. Dan pembuatan kolam-kolam retensi. 

Hadir dalam acara kali ini, Suparto Wijoyo, Wakil Direktur bidang 3, Dr. Arief Hargono, drg., M.Kes. Koordinator Program Studi Magister Manajemen Bencana, Dr. dr. Christijogo Sumartono, W. Sp.An., KAR., KIC Dosen dan juga pendiri dari S2 Manajemen Bencana dan Dr. Zuyyina Choirunnisa, SM., MSM. dari Executive Learning Hub. 

Dalam penanganan banjir kali Lamong, kolaborasi semua pihak adalah kunci utama. Pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait harus bekerja sama untuk menyusun rencana pencegahan banjir yang komprehensif dan berkelanjutan. Hanya dengan adanya kesadaran dan langkah nyata dari semua pihak, kita dapat mengurangi dampak dan frekuensi banjir yang disebabkan oleh Kali Lamong, serta menciptakan Surabaya yang lebih aman dan nyaman untuk ditinggali.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform

source
https://unair.ac.id/

By lanjut