Berita UNAIR Pascasarjana, Minggu, 3 September 2023 – School of Leadership yang meniadi semangat sekolah Pascasarjana dengan 9 prodi Multidisiplin ilmu, dalam mengembangkan kepemimpinan Transformatif yang membawa dampak bagi dunia lebih baik seperti yang disampaikan oleh Prof. Badri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.D. Direktur Sekolah Pascasarjana, dihadapan mahasiswa bar pascasarjana program S2 dan S3 saat memberikan sambutan, dibuktikan dengan digelarnya acara Guest Lecture, Strategic Leadership seri 1 di Asee Tower, dari para Dosen SPs yang merupakan pakar dan profesional dibidangnya.

The Green Economy A Dream or Reality, sengaja diangkat oleh Menteri Perhubungan sejak 2014-2016 ini karena banyaknya orang yang berbicara tentang “Green Economy” tapi sebatas ucapan tapa perubahan perilaku, dirinya heran dengan inda dan hebatnya pidato-pidato yang mengangkat semangat ekonomi dan industri rama lingkungan akan tetapi kelakuannya tidak
mencerminkan ucapannya.

Bicara ekonomi hijau harus dimulai dengan mindset yang berujung pada kesadaran pribadi untuk mulai hidup dengan energi dan industri hijau, yang terjadi saat ini, di panggung internasional bicara lantang akan tetapi pertambangan, perkebunan dan industri lainnya masih menggantungkan nyawanya pada industri fosil, lalu dimana berubahnya ?

Ditambahkan, bahwa Tiongkok sumber energi non fosilnya, seperti tenaga angin, tenaga surya sudah mencapai 50,9 persen dari total kapasitas terpasang di negara itu. Dimana secara kapasitas pembangjit listrik terpasanf di Tiongkok mencapai 2.564,05 GW pada akhir tahun 2022.

Dirinya menyoroti, bila kita hanya pandai bicara tapi tidak segera merubah perilaku maka waspadalah dengan krisis yang akan kita panen dikemudian hari, seperti terjadinya resesi, krisis pangan karena harga yang melonjak tajam ditambah polusi yang semakin tak terkendali.
Menteri ESDM 2016-2019 ini mengatakan dirina juga menerapkan “green energy” dalam kehidupan pribadinya.

Dicontohkan rumah yang beliau tempati untuk listrik menggunakan atap pembangkit listrik tenaga surya, ditambah merubah dengan menggunakan kendaraan bertenaga listrik, semangat utamanya adalah hemat, meskipun diawal pertentangan pasti ada.

Dihadapan para Mahasiswa Baru program S2 dan S3 Sekolah Pascasariana UNAIR in Disampaikan 5 jenis industri yang pro terhadap green economy adalah Online bisnis, Energi Terbarukan, Kendaraan listrik, kecerdasan buatan, hingga perlindungan terhadap lingkungan dan revitalisasi, dirinya memberi contoh ada beberapa perusahaan level global yang omsetnya luar biasa dan sudah menerapkan hal tersebut, mereka sengaja tidak punya rang khusus dan hanya menggunakan kantor untuk hal-hal yang penting dan khusus sehingga konsumsi energi listrik sat bekerja bisa dikurangi dan benar-benar terimplementasi dalam prosesnya.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform

source
https://unair.ac.id/

By lanjut