Seminar Nasional Energi 2023 

Berita UNAIR Pascasarjana, Sabtu, 23 September 2023 – Pada tanggal 22 September 2023, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mengadakan seminar nasional bertema “Memberdayakan Peluang dan Tantangan dalam Pengelolaan Energi Terbarukan untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045”. Acara ini digelar bertujuan untuk mendiskusikan pentingnya pengembangan energi terbarukan di Indonesia dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola sumber daya alam. 

Salah satu narasumber yang akan hadir dalam seminar ini adalah Dr. Didik Sasono Setyadi, SH., MH, dari SKK MIGAS Beliau memberikan materi mengenai optimalisasi Sumber Daya Alam (SDA) migas dalam masa transisi. Dalam materinya, Dr. Didik membahas bagaimana penggunaan SDA migas dapat dioptimalkan dalam pengembangan energi terbarukan. Transisi ini menjadi sangat penting karena Indonesia adalah salah satu produsen minyak dan gas terbesar di dunia. 

Dalam kesempatan ini dirinya mengajak para peserta untuk melihat lebih dalam, bahwa peralihan dari energi fosil ke energi yang terbarukan harus dibarengi dengan SDM yang siap dan yang paling utama adalah pembangkit energi listrik yang kita gunakan benar-benar menggunakan energi terbarukan, jangan seperti saat ini, “kendaraan dan  peralatan yang digunakan menggunakan listrik, tapi pembangkit listrik kita masih menggunakan energi fosil, itu sama aja!” Ungkapnya. 

Seminar ini juga akan menghadirkan Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum. seorang pakar dalam bidang hukum lingkungan dan ekologi. Beliau akan menekankan perlunya pembenahan tata kelola kehidupan kita agar ekologi terjaga. Dalam materinya, Prof. Suparto akan membahas pentingnya kesadaran akan dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan energi fosil, serta upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan. 

Dirinya mengingatkan menghadapi 2045 kita jangan terlalu sibuk dengan bonus Demografi hingga lupa tentang ekologi, perubahan perilaku diri sendiri adalah kunci. Atas dasar hal itulah Guru Besar Unair ini mengapreasiasi digelarnya acara ini, karena menumbuhkan kesadaran harus terus digaungkan tanpa kenal lelah dan BEN UNESA melakukannya hari ini. 

Seminar nasional yang diakhiri dengan peluncuran UKM Energi Terbarukan, merupakan kesempatan emas untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkini mengenai pengelolaan energi terbarukan di Indonesia. Dengan adanya seminar ini, diharapkan para peserta dapat memahami betapa pentingnya mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam kita dalam menghadapi tantangan energi masa depan.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform

source
https://unair.ac.id/

By lanjut