Berita UNAIR Pascasarjana, Sabtu, 23 September 2023 – (OJK) Otoritas Jasa Keuangan adalah sebuah lembaga independen yang berkaitan dengan sektor keuangan. Tugas utama OJK yaitu melakukan pengawasan pada sektor terkait. Lembaga ini mengawasi semua kegiatan di sektor keuangan. 

Dalam prosesnya sebagai lembaga alternatif penyelesaian sengketa beragam permasalahan tumbuh dengan berbagai macam varian dan dinamika hal tersebut yang membuat Focus Group Discussion dengan topik Upaya Penguatan Penanganan Keberatan di Pasar Modal, Keuangan Derifativ dan Bursa Karbon demi Keadilan dan Kepastian Hukum digelar, jumat 22 September 2023. 

Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum. Wakil Direktur III Sekolah Pascasarjana UNAIR hadir sebagai narasumber dalam agenda kali ini dan membawakan materi pemantik yaitu Upaya Penanganan Keberatan : Demi Keadilan dan Kepastian Hukum. 

Dirinya mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum, bukan negara perundang-undangan, dimana dalam pelaksanaannya Hukum memiliki asas atau norma kepantasan sehingga ada unsur rasa yang memandu dalam melihat permasalahan atau sengketa, sedangkan undang-undang hanyalah kumpulan kata tanpa rasa. 

kita sering terjebak dengan “EQUALITY BEFORE THE LAW” dimana akhirnya kita memukul rata semua kasus yang terjadi, hal ini harus dilandasi bahwa kesamaan dimata hukum bisa terjadi bila “similiar condition” atau kondisi yang sama, maka bila tidak dalam kondisi yang sama maka kita pun harus jangan memukul rata untuk sama dimata hukum. Ditambahkan pula bahwa Hukum Administrasi Negara bertindak sebagai payung utamanya sedangkan dalam implementasinya masing-masing lembaga berhak memperluasnya dengan peraturan-peraturan. 

Beragam pandangan yang disampaikan merupakan langkah penguatan lembaga Otoritas Jasa Keuangan untuk menjadi badan yang memiliki fungsi 3M, mengatur, Mengawasi dan melindungi seluruh kegiatan disektor keungan dan demi menjaga martabat lembaga.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform

source
https://unair.ac.id/

By lanjut