Inovasi dan Tantangan dalam Industri Makanan Halal : Menjaga Kualitas dan Keberlanjutan

Berita UNAIR Pascasarjana, Sabtu, 24 Agustus 2024  – Surabaya Halal Fest 2024 sebuah acara yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Surabaya, bekerjasama dengan IKA ITS, Sekolah Pascasarjana UNAIR, BPBRIN UNAIR memasuki puncak acara 21-23 Agustus 2024, di Balai Pemuda Surabaya.

 

Acara ini digelar bertujuan untuk menegakkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan sosial dan berfokus dalam sektor ekonomi serta kreatif melalui industri halal. Dengan mengusung misi “Towards Halal Micro & Small Business Go Global”, puncak acara SHF 2024 berlangsung pada tanggal 21-23 Agustus 2024 di Kompleks Alun-alun Balai Pemuda Surabaya.

 

Memasuki hari ketiga diadakan Talkshow dengan salah satu narasumber nya adalah Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum. Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UNAIR. Dalam kesempatan ini dirinya menekankan bahwa Halal jangan sebatas sesuai religi melainkan harus dilengkapi dengan Halal secara ekologi

 

Dicontohkan “misal kalau ini restoran, hotel, pabrik produk makanannya Memang halal tetapi pabrik-pabrik yang sudah punya sertifikasi halal akan kami lengkapi Apakah punya kehalalan ekologi bukan sekedar kehalalan religi kehalalan ekologis begitu, ilustrasinya saya punya 1000 peternakan sapi punya 10. 000 ayam siap potong punya pabrik kertas punya pabrik makanan apakah pabrik-pabrik ini mencemarkan lingkungan apa tidak, Jadi untuk itu ada ekolabel jadi di samping halal label Sekarang kan sudah ada Eco label tapi nanti akan diperdalam kalau produknya halal tapi industrinya mencemarkan lingkungan mencemarkan itu tindakan haram oleh ada rumusannya itu kan tindakan haram perbuatan haram tidak hanya melanggar hukum negara tapi juga melanggar hukum Ilahiah dan secara ekologi itu merugikan.” Tegasnya.

Terkait pencemaran, Pakar Hukum Lingkungan UNAIR ini menyampaikan “ini industri besar nggak usah dibayangkan untuk UMKM harapannya UMKM nanti juga jadi sebuah industri nanti kedepannya kalau kemudian ini restorannya yang begitu besar akhirnya tidak punya instalasi pengolahan 5 produknya kalau makanannya halal tapi ada proses bisnis itu yang mencemarkan lingkungan maka bisa subhat Ekologi labelnya tidak punya dia nanti jadi belilah nanti produk-produk yang memang sudah ada label Halal tapi juga ada Eco label itulah jaminan bahwa dia halal secara religius kita juga halal secara ekologi

 

acara yang digelar selama 3 hari ini Ada banyak macam kegiatan dalam puncak SHF 2024. Mulai dari talkshow, workshop & coaching clinic, business matching, kompetisi fotografi hingga lomba mewarnai bagi anak-anak.

 

Bahkan, ada pula exhibition yang menarik dari sekitar 300 UMKM di Surabaya. Tidak ketinggalan juga ada pendampingan UMKM dalam proses pembuatan izin usaha Nomor Induk Berusaha (NIB), Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan sertifikasi halal.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok) 

source
https://unair.ac.id/

By lanjut