SAMBUT 79 TAHUN, GURU BESAR UNAIR BONGKAR CARA SEHAT TUBUHKU, MERDEKA BANGSAKU

Berita UNAIR Pascasarjana, Jumat, 16 Agustus 2024  – Jumat 16/08/2024, KOPI DARMO sebuah program acara yang merupakan kerjasama antara Majelis Ulama Indonesia, Sekolah Pascasarjana UNAIR dan TV9 Nusantara mengangkat topik SEHAT TUBUHKU, MERDEKA BANGSAKU.

 

Tema ini sengaja diangkat agar bangsa Indonesia terbangun kesadaran tentang menjaga kesehatan, sehingga bisa berkiprah dalam membuat Indonesia lebih baik, hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum sebagai pensyarah acara ini.

 

Prof. Dr. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD. K-GH., FINASIM yang menjadi narasumber mengawali dengan pernyataan produktif ada input ada proses, tapi input yg halal , dan intinya harus bisa efisien dan efektif, produktifitas bisa di ukur dengan capaian yg jelas.

Ketika ditanyakan terkait dampak dari tidak istirahat (tidur) sesuai jam biologis, Ahli Ginjal ini menjawab “ketika usia 18 tahun, tidak tidur 2 malam, masih kuat. Sebab masih ada cadangan nya , tapi akan berpengaruh pada kreatin nya. Ketika sering begadang, cadangannya akan menyusut. Sehingga pada usia tertentu akan terkena penyakit bermacam,” tegasnya.

 

ditambahkan pula, agar kesehatan terjaga adalah “Pola hidup itu adalah nomor satu dan jangan jadikan obat menjadi hal utama, istirahat yang cukup, istirahat minimal 6 jam seharu dan happy juga penting serta pandai bersyukur, dan yang utama adalah olah raga, minimal 6 ribu langkah perhari atau disesuaikan dengan kapasitas fisiknya.” 

 

Guru besar Universitas Airlangga dalam bidang Kedokteran ini memungkasi pernyataan dengan “79 tahun indonesia merdeka ini tidak boleh ada generasi yang mager (red: males gerak) harus meng upgrade diri. Mari di jaga lingkungan kita, kita isi kemerdekaan kita dan kita ubah pola hidup kita menjadi lebih produktif,” dirinya juga menekankan pentingnya bersholawat sehingga terjadi konektivitas antara fisik dan mental.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok) 

source
https://unair.ac.id/

By lanjut