UNAIR NEWSFakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga kembali menjalin kerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Kali ini, UNAIR menerjunkan 68 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Magang MBKM di Dispursip. Bertempat di Gedung Siola pada Selasa (25/7/2023) mahasiswa magang diterima langsung oleh Ketua Dispursip Kota Surabaya.

Dekan FIB UNAIR, Prof  Dr Purnawan Basundoro SS M Hum menyampaikan bahwa kegiatan magang itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam dunia kerja. Kegiatan itu untuk mendukung program MBKM rancangan Kemendikbudristek.

“Tujuan utamanya adalah meningkatkan kapasitas mahasiswa untuk memahami dunia kerja. Maka, harapannya mahasiswa itu nanti memiliki keterampilan tambahan bukan hanya hal-hal yang bersifat teoritis,” jelasnya.

Memperkuat Kerja Sama

Prof Purnawan menambahkan bahwa kegiatan magang itu untuk mempererat kerja sama antara FIB dan Dispursip yang telah berjalan sejak lama. Nantinya mahasiswa akan melaksanakan magang selama empat bulan. Mereka akan bertugas melaksanakan bpekerjaan di berbagai bidang yang terbagi menjadi empat. Yaitu bidang sekretariat, bidang pengelolaan, perlindungan dan penyelamatan kearsipan, bidang pembinaan dan layanan kearsipan, serta bidang pembinaan dan pengelolaan perpustakaan.

Mendapatkan Ide Menyusun Skripsi

Selain itu, Prof Purnawan juga menjelaskan bahwa dengan kegiatan magang ini mahasiswa bisa memperoleh referensi dan ide-ide kreatif untuk menulis skripsi. “Misalnya mahasiswa sejarah, karena dia berada di ruang arsip, maka bisa mencari arsip untuk bahan skripsi dia. Dengan demikian magang ini bisa bermanfaat ganda, selain mahasiswa itu mendapatkan keterampilan, mahasiswa juga bisa mendapatkan bahan-bahan untuk menyusun skripsinya itu,” jelasnya.

Prof Purnawan mengimbau agar mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan magang secara maksimal. Harapannya, mahasiswa bisa merealisasikan keilmuannya secara langsung dalam dunia kerja serta mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru terkait bidang pekerjaan yang mereka senangi.

“Mahasiswa bisa menyerap berbagai ilmu pengetahuan yang menjadi ruang lingkup dari dinas ini semaksimal mungkin. Dengan demikian harapan saya mahasiswa bisa mendapatkan kemampuan yang riil,” jelasnya

Prof Purnawan juga menegaskan bahwa sebagai komitmen kerja sama, pihak fakultas akan memberikan dukungan secara maksimal. Harapannya, agar program magang dapat berjalan secara lancar.

“Jika nanti perlu back up apapun entah itu back up pendanaan misalnya, fakultas akan menyiapkan back up itu. Karena ini adalah bagian dari program nasional maka tentu saja fakultas akan mem-backup semaksimal mungkin untuk kegiatan magang ini,” tegasnya.

Sebagai informasi, pembukaan magang MBKM di Dispursip Kota Surabaya itu dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya,  Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya, Direktorat Pendidikan UNAIR, Dekan FIB UNAIR, serta perwakilan dosen FIB UNAIR. 

Penulis : Nopitasari

Editor : Khefti Al Mawalia


source
https://unair.ac.id/

By lanjut