UNAIR NEWS – Kelompok PP Fadhilatul Qur’an Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Komunitas periode 2 (KKN BBK – 2) Universitas Airlangga (UNAIR) sukses selenggarakan serangkaian acara untuk memperingati Hari Anak Nasional. Kelompok KKN BBK – 2 yang bertugas di PP Fadhilatul Qur’an Desa Ketapang Daya, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang tersebut melakukan sosialisasi hidup sehat dengan melaksanakan lomba Gerakan Cuci Tangan pada Minggu, (23/7/2023).

Menurut Ketua KKN BBK – 2, Ananda Muhammad Rayhan, serangkaian kegiatan pembuka dengan apel pagi oleh Pengurus Yayasan PP Fadhilatul Qur’an. Dalam apel tersebut juga ada sambutan yang mengarah pada nasihat kepada para santri untuk tetap menjaga hak dan kewajiban, berbakti terhadap orang tua, dan beberapa hal tentang pentingnya menjaga kesehatan. 

“Meskipun pada umumnya para siswa libur dari kegiatan bersekolah pada hari Minggu, akan tetapi SMP & SMA Fadhilatul Quran tetap berangkat. Hal itu demi memperingati dan mengikuti serangkaian kegiatan para mahasiswa yang menjalankan kegiatan BBK. Dalam sambutan apel juga, kita banyak mendapat wejangan untuk berbakti terhadap orang tua,” jelas Rayhan (28/7/2023).

Pentingnya Cegah Anemia pada Remaja

Lebih lanjut, Rayhan juga menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut dihadiri Dokter Robbi Natiqah selaku Kepala Puskesmas Ketapang. Kehadiran Dokter Robbi tersebut guna memberikan materi kepada santriwati terkait pentingnya mencegah anemia dan pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi kepada remaja putri.

“Antusiasme yang para peserta tunjukkan mampu memeriahkan acara. Sehingga kegiatan tersebut menjadi lebih menarik dan berjalan secara interaktif dengan berbagai games. Terlebih mereka mendapatkan suplemen berupa tablet penambah darah. Hal itu menjadi langkah preventif bagi para remaja putri untuk menghindarkan diri dari penyakit anemia,” lanjutnya.

Penerapan SDGs Aspek Kehidupan Sehat dan Kesejahteraan

Selanjutnya, kegiatan tersebut berlanjut dengan pemeriksaan kesehatan para siswa dan guru dengan bantuan tenaga kesehatan dari puskesmas. Lebih lanjut, Rayhan menyampaikan bahwa melakukan berbagai pengecekan kesehatan, mulai dari tensi dan gula darah, mulut dan telinga, serta penglihatan.

“Hal itu bertujuan untuk mengetahui kesehatan serta pemberian tindakan penanganan kesehatan. beberapa dari kami yang dari Prodi Keperawatan juga ikut serta menjadi salah satu pemeriksa kesehatan,” ujarnya.

Sebagai Ketua kelompok KKN BBK – 2, Rayhan berharap program ini dapat membawa manfaat berkelanjutan. Terlebih bagi para siswa maupun guru yang berada pada lingkup pondok pesantren. Hal ini sejalan dengan poin Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-3 yang berfokus pada aspek Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Hal itu sejalan bersama poin ke-17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan melalui kerja sama dengan Puskesmas Ketapang. 

Penulis: Cahyaning Safitri

Editor: Nuri Hermawan

Baca Juga: Jelang Pengukuhan Guru Besar Baru, Rektor: Semoga Kontribusi UNAIR Terus Meningkat


source
https://unair.ac.id/

By lanjut