Tim pengajar Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) konsentrasi Industri Kreatif di Universitas Airlangga memberikan pelatihan public speaking kepada guru-guru Sekolah Indonesia Singapura (SIS) yang bertujuan untuk mengembangkan personal branding. Pelatihan tersebut merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat di tingkat internasional di Singapura. Tim pengajar terdiri dari Dr. Santi Isnaini dan Dina Septiani PhD.

Dr. Santi menjelaskan bahwa banyak orang yang merasa takut berbicara di depan umum, terutama jika itu adalah pengalaman pertama. Kuncinya terletak pada persiapan dan latihan. Dia juga mengakui bahwa guru-guru SIS sudah memiliki persiapan, tetapi menghadapi audiens yang berbeda mungkin memerlukan persiapan tambahan, terutama karena mereka mewakili Indonesia. Pentingnya personal branding ditekankan oleh Dina Septiani, pengajar dari peminatan Industri Kreatif dan kepala bidang internasional di Airlangga Global Engagement Universitas Airlangga.

Pelatihan ini relevan karena SIS memiliki posisi strategis sebagai sekolah berkurikulum Indonesia di tengah-tengah pusat perdagangan internasional. Ini membuat setiap guru dan staf SIS juga membawa branding sebagai guru SIS dan representasi Indonesia.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura, IGAK Satrya Wibawa, PhD, menyambut baik pengmas yang diadakan oleh Sekolah Pascasarjana UNAIR ini sebagai kontribusi penting dalam pengembangan kerja sama antar negara dan peran sekolah pascasarjana di masyarakat. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari dengan metode ceramah dan praktik. Praktik melibatkan penyampaian elevator pitch, yaitu cara menyampaikan informasi dalam waktu 30 detik, sebagai kunci untuk memahami personal branding guru-guru SIS.

By lanjut