Berita UNAIR Pascasarjana, Selasa, 28 November 2023  – Sekolah Pascasarjana UNAIR, 17 November 2023 – Airlangga Forum ke-157, dengan topik “Membaca Ekonomi 2023 untuk Indonesia Maju 2045,” diadakan di ASEEC Tower dan menampilkan Taukhid, S.E., M.Sc.IB., M.B.A, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur sebagai narasumber utama. 

Mengulas kinerja ekonomi regional Jawa Timur, Taukhid membuka diskusi dengan fokus pada posisi ekonomi Jawa Timur sebagai kekuatan ekonomi terbesar kedua setelah Jakarta. Membahas capaian pertumbuhan ekonomi Jawa Timur yang mencapai 5,34% pada tahun 2022, Taukhid menggambarkan bagaimana kontribusi ini mampu menopang pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,2%. Namun, saat ini, pertumbuhan ekonomi Jawa Timur telah menurun menjadi 4,86%, yang mengundang pertanyaan apakah Indonesia dapat mencapai target pertumbuhan 5,3%. 

Dalam acara ini, Taukhid membagikan tiga konten utama: 

Peran Kementerian Keuangan dalam Konstitusi untuk Kemakmuran Rakyat: Menyoroti kesejahteraan rakyat sesuai dengan Pasal 23 Ayat (1) dan Pasal 33 Ayat (3) UUD NRI 1945. Dia menekankan pentingnya indikator kemakmuran yang harus terkait erat dengan ukuran ekonomi. Pengelolaan keuangan negara oleh Kementerian Keuangan disorot sebagai platform teruji untuk mewujudkan kemakmuran. 

Perspektif Keuangan Negara dan Ekonomi:Menteri Keuangan menjadi fokus dengan pembahasan APBN untuk 11 fungsi pemerintahan, termasuk alokasi dana untuk Jawa Timur sebesar Rp. 125,03 Triliun dalam APBN 2023 yang mencapai Rp. 3.061.17 Triliun. Keterkaitan keuangan negara, daerah, dan desa disoroti sebagai bagian integral dari kebijakan fiskal pemerintah yang berdampak langsung pada ekonomi saat ini. 

Tanggung Jawab Kementerian Keuangan Terhadap Kinerja Ekonomi: Taukhid mempertanyakan mengapa pertumbuhan ekonomi Jawa Timur melambat, yang pada gilirannya akan berdampak besar pada ekonomi nasional. Faktor-faktor seperti penurunan produksi industri, investasi, dan perdagangan barang internasional menjadi penyebab perlambatan tersebut. 

Panelis dari berbagai latar belakang akademik juga memberikan pandangan yang mendalam terkait isu-isu ekonomi: 

Prof. Fendy Suhariadi, Koordinator Program Studi S3 Pengembangan Sumber Daya Manusia. Memiliki pandangan terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Jawa

Timur dengan menyoroti angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berada pada angka 72 dan pendidikan yang masih perlu peningkatan. Fokusnya adalah untuk memperbaiki aspek pendidikan agar mendukung pertumbuhan ekonomi. 

Prof. Ahmad Yudianto, Koordinator Program Studi S2 Ilmu Forensik. Berbicara mengenai keterkaitan antara peningkatan pelaporan kasus-kasus kejahatan yang tentunya berkaitan dengan ekonomi. Lalu jumlah rumah sakit daerah yang stagnan dalam beberapa tahun terakhir sehingga pelayanan kesehatan yang merata di seluruh wilayah dianggapnya penting untuk mendukung perekonomian. 

Prof. Theresia Indah Budhy S, Koordinator Program Studi S2 Imunologi. Menyoroti dampak fluktuasi perekonomian terhadap kesejahteraan dan ketahanan masyarakat. Menekankan bahwa perubahan dalam perekonomian juga dapat memengaruhi kesehatan masyarakat. 

Dr. Arief Hargono, Koordinator Program Studi S2 Manajemen Bencana. Berfokus pada strategi ekonomi yang mendukung penanganan bencana. Menyadari bahwa kejadian bencana bisa memberikan dampak pada perekonomian dan memerlukan dukungan multisektor. 

Dr. Radian Salman, Koordinator Program Studi S2 Sains Hukum dan Pembangunan. Menyoroti data pertumbuhan ekonomi yang menurun dan implikasinya. Memperhatikan dampak opsen pajak terhadap pendapatan daerah, dan menekankan perlunya penyebaran pendapatan secara merata di berbagai kabupaten/kota. 

Prof. Sri Pantja Madyawati, Wakil Direktur II. Fokus pada peran Jawa Timur dalam ketahanan pangan nasional, terutama dalam hal ternak dan produksi daging sapi serta kambing. Menyoroti upaya pemerintah dalam mendukung peternakan dan pentingnya peningkatan populasi ternak untuk ketahanan pangan.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor

source
https://unair.ac.id/

By lanjut