Seminar Nasional Membangun Sumber Daya Manusia menuju Indonesia Emas 2045

Berita UNAIR Pascasarjana, Senin, 4 Desember 2023  – Acara yang digagas oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga dengan menghadirkan para tokoh nasional untuk berdiskusi dan beradu pemikiran dan mencari formula terbaik dalam membangun SDM mewujudkan Indonesia Emas 2045 ini hadir sebagai salah satu keynote speaker adalah Gubernur Jawa Timur, Dr. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. yang membawakan materi berjudul Membangun Sumber Daya Manusia, menuju Indonesia Emas 2045 di Provinsi Jawa Timur.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Fendy Suhariadi, MT., Psikolog. Ini Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa Pembangunan SDM dan Penguasaan IPTEK nerupakan salah satu diantara empat pilar visi misi Indonesia emas 2045 yang harus diwujudkan bersama. Termasuk di jawa timur, peningkatan kualitas sdm sangat diperlukan berseiring dengan melesatnya pertumbuhan industri manufaktur yang tinggi.

Dua bulan lalu Presiden Joko Widodo meluncurkan target industri manufaktur Indonesia mencapai 30% di tahun 2045. Sedangkan jatim tahun 2022 lalu industri manufakturnya sudah 31,34%. Dan pada mei tahun 2024 diproyeksikan tumbuh menjadi hampir 35%

Oleh karena itu membutuhkan sangat banyak peningkatan kualitas sdm yang seiring denga perkembangan industri manufaktur di jawa timur saat ini dan masa mendatang.

Berdasarkan data Global Competitiveness Indes 2023, Indonesia menempati peringkat ke-34 dibawah singapura, Malaysia dan Thailand begitu pula global innovation index 2023, Indonesia berada di ranking ke 61 dan global talent competitiveness index 2023, Indonesia berada di urutan ke 80 dari 152 negara.

Tantangan inilah yang membuat pemprov jatim melakukan lompatan besar untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya dengan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan beragam universitas bereputasi dunia seperti universitas dunia kings college London (KCL) dan western Sidney university (WSU), diharapkan melalui kerjasama ini tercapai digital future dan digital innovation yang memberi kontribusi terbaik bagi bangsa.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor

source
https://unair.ac.id/

By lanjut