Program Studi Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga memberikan fasilitas pendampingan kepada mahasiswanya dalam penulisan proposal dan memberikan dosen pembimbing yang sesuai untuk tesis mereka. Selain itu, mahasiswa juga dibimbing untuk dapat mempublikasikan karya tulis ilmiah mereka di jurnal yang dituju.

Program asistensi penulisan proposal dan publikasi ilmiah ini merupakan kolaborasi antara Ketua Program Studi dan Unit Publikasi Ilmiah Sekolah Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Program ini merupakan kelanjutan dari program tutorial penulisan Term of Reference yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan didampingi oleh asisten yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam penelitian dan publikasi di bidang pengembangan sumber daya manusia. Peran asisten sebagai pendamping bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam berkomunikasi mengenai masalah yang dihadapi, sehingga memudahkan proses transfer pengetahuan.

Program asistensi ini dilakukan secara terstruktur selama satu semester untuk mahasiswa semester dua. Dalam program penulisan proposal, mahasiswa akan dibimbing dalam mengakses dan mendownload jurnal-jurnal acuan, menyusun daftar pustaka menggunakan reference manager Mendeley, menyusun kerangka berpikir, metode penelitian yang sesuai, latar belakang masalah, serta menyusun tinjauan pustaka.

Sedangkan dalam pendampingan publikasi, mahasiswa akan dibimbing dalam memilih jurnal yang tepat untuk publikasi, menulis artikel ilmiah sesuai dengan gaya jurnal yang dituju, dan proses pengajuan jurnal.

Selama pelaksanaan program asistensi ini, setiap pertemuan akan dimonitor melalui kartu monitoring sehingga program studi dapat memantau perkembangan setiap mahasiswa. Pada akhirnya, program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing lulusan dan mempercepat kelulusan mahasiswa.

By lanjut