SPEAK UP, ACESFA 17 OKTOBER 2023

Berita UNAIR Pascasarjana, Selasa, 17 Oktober 2023 –  Hal tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Dr. mohammad Nasih, SE., MT., AK., CMA. Saat menjadi tamu kehormatan di acara SPEAK UP, merupakan podcast interaktif yang digelar di booth Sekolah Pascasarjana UNAIR, selama pameran berlangsung, 17 dan 18 oktober 2023.

“Fenomena Tik Tok Shop” yang sempat menghebohkan jagad media, bahkan pedagang pasar trandisional berteriak karena merasakan dampak dari hadirnya “Predatory Pricing” yang dilakukan oleh platform jual beli dan media sosial menjadi topik yang diangkat dalam acara kali ini.

Prof Nasih mengatakan, bahwa Pemerintah mempunyai peran untuk memaksimalkan dan mendorong agar masyarakat yang belum melek teknologi terutama dalam memanfaatkan e-comerce harus digiatkan, karena perubahan di era disrupsi adalah keniscayaan.

Kepada Shafyra Amalia, Mahasiswa S2 Sains Hukum dan Pembangunan yang bertindak sebagai host dalam acara SPEAK UP kali ini, Prof Nasih menambahkan, bahwa potensi ecomerce untuk melakukan predatory pricing dan monopoli harga akan selalu dan tetap ada, sehingga dirinya berharap pemerintah juga menyediakan platform jual beli yang infrastrukturnya murni hasil karya anak Indonesia dengan regulasi pasar Indonesia.

Hal ini juga berkaitan dengan kedaulatan digital yang digaungkan oleh Presiden RI Joko Widodo, karena nyaris semua sisi kehidupan digital kita masih tergantung dengan penyedia jasa dan mereka perusahaan global, sehingga Presiden mencap nya dengan “ini bentuk penjajahan gaya baru”!

Sebagai pamungkas dirinya mengapresiasi Sekolah Pascasarjana yang aktif berpartisipasi dalam ACESFA dengan menghadirkan acara podcast seperti ini, sehingga pengunjung yang rata-rata freshgraduate tidak hanya datang mengejar lowongan kerja melainkan juga mendapat insight-insight yang bagus tentang isu yang sedang mengemuka.

Hadir sebagai perwakilan Pimpinan Sekolah Pascasarjana UNAIR dalam agenda ACESFA ke 38 inj, Prof. Dr. Suparto Wijoyo, SH., M.Hum., Wakil Diektur 3., Booth Sekolah Pascasarjana.UNAIR dalam gelaran kali ini menampilkan Magister Ekonomi Kesehatan, dengan petugas booth adalah Farida Qudssiyah dari Magister Imunologi dan Shafyra Amalia dari Magister Sains Hukum dan Pembangunan.

Dalam acara yang berlangsung dari pagi hingga petang terdata sekitar 60 pengunjung yang mengunjungi booth Sekolah Pascasarjana UNAIR, dengan beragam pertanyaan seputar 9 prodi dan keilmuan multidisiplin.

ACESFA (Airlangga Career, Enterpreneurship and Scholarship Fair) ke-38 yang digelar selama 2 hari di Airlangga Convention Center, Kampus C Mulyorejo merupakan acara yang digelar DPKKA untuk menjembatani dan memberi saluran kepada lulusan UNAIR dalam membangun jejaring dan pekerjaan.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor

source
https://unair.ac.id/

By lanjut