Rumah Imun dan Ambulance Motor sebagai Upaya Pencegahan Stunting dan Sarana Kegawatdaruratan di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Berita UNAIR Pascasarjana, Senin, 23 Oktober 2023 – Stunting merupakan masalah kurangnya gizi kronis atau menahun pada balita sehingga  menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan pertumbuhan pada anak. Stunting dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek, seperti kurangnya ekonomi, pendidikan atau pengetahuan orang tua, kesehatan, status gizi yang buruk pada Ibu hamil, terjadinya infeksi pada ibu, kehamilan remaja, gangguan mental pada ibu, jarak kelahiran anak yang pendek dan inflamasi yang berulang hingga kronis, serta sanitasi dan lingkungan sekitar yang tidak higienis. Kejadian stunting di Kabupaten Kediri menunjukkan prevalensi angka sebesar 18,0% menurut Hasil Studi Kasus Gizi Indonesia pada tahun 2021. Salah satu daerah yang mengalami kejadian stunting yang tinggi terdapat pada Desa Pagung, Kecamatan Semen. Berdasarkan survey yang telah dilakukan didapatkan data terbaru dari tahun 2022 – 2023 bahwa terdapat 34 balita pendek dan 11 balita sangat pendek pada Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di Desa Pagung yaitu Puskesmas Semen. Pada tahun 2021 di Desa Pagung terjadi satu kasus ibu hamil yang  meninggal akibat tidak tertolongnya untuk dibawa ke Puskesmas Semen dikarenakan akses Mobil Siaga Kabupaten Kediri tidak dapat mencapai beberapa area desa. Hal tersebut juga menunjukkan akan pentingnya keterampilan atau skill mengenai pertolongan pertama di lingkungan masyarakat. Strategi yang dilakukan berupa pelatihan kegawatdaruratan yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan kegawatdaruratan pada masyarakat setempat. Selain itu, strategi lainnya berupa pemberian “LANTOR” (ambulance motor) untuk masyarakat Desa Pagung guna mengatasi penanganan kegawatdaruratan, bencana serta kesiapsiagaan dalam mengatasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Sebagai upaya kontributif Program Studi Magister Imunologi Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga dalam pencegahan stunting dan pelatihan kegawatdaruratan, dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada tanggal 23 September 2023 di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pembentukkan kader “Mahimun” (rumah imun) berupa pelatihan kepada kader kesehatan dan masyarakat sebagai upaya mengatasi dan mencegah terjadinya resiko stunting serta pelatihan kegawatdaruratan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kondisi kegawatdaruratan pada masyarakat setempat.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platfor

source
https://unair.ac.id/

By lanjut